ANALISIS MATERI
PELAJARAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Pokok Bahasan
|
Subpokok Bahasan
|
Indikator Capaian Kompetensi
|
Tujuan pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
6. Mengungkapkan pikiran,
perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman dan
pantun anak.
|
6.1 Berbalas pantun dengan
lafal dan Intonasi yang tepat.
|
Pantun Anak
|
·
Definisi pantun
·
Peran Pantun :
1.
Penjaga fungsi kata.
2.
Menjaga alur berfikir
·
Struktur Pantun:
1.
Sampiran
2.
Isi
·
Jenis-jenis pantun:
1.
Adat
2.
Agama
3.
Budi
4.
Jenaka
5.
Kepahlawanan
6.
Kias
7.
Nasihat
8.
Percintaan
9.
Perpisahan
10.
Teka-teki
·
Contoh pantun
·
Contoh intonasi pelafalan pantun
|
1.
Mendefinisikan pantun.
2.
Menemutunjukan jenis-jenis pantun.
3.
Membuat satu jenis pantun.
4.
Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
1.
Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat mendefinisikan
pantun.
2.
Melalui strategi pembelajaran inkuiri siswa menemutunjukan
jenis-jenis pantun.
3.
Melalui penugasan dari guru siswa dapat membuat satu jenis
pantun.
4.
Melalui media audio visual siswa dapat menampilkan kegiatan
berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat.
|
2 x 35 menit
|
v Nirbaya Rita dan Kaswan
Darmadi. 2008. Bahasa Indonesia untuk
Sd dan MI kelas IV. Jakarta: Pusbuk-Depdiknas. Halaman 77.
v Audio visual ( contoh video
berbalas pantun anak)
|
0 komentar:
Posting Komentar