RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SekolahDasar X
Mata
Pelajaran : 1. PKn
2. IPS
Tema : Cinta Tanah Air
Kelas/semester : III/2
AlokasiWaktu : 2 x 35 menit
![](file:///C:\DOCUME~1\Toshiba\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.png)
A.
STANDAR
KOMPETENSI
·
PKn
4. Memiliki Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·
IPS
2. Memahami jenis Pekerjaan dan penggunaan uang
B.
KOMPETENSI
DASAR
·
PKn
4.2 Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
·
IPS
2.2 Memahami pentingnya semangat kerja
C.
INDIKATOR
·
Menemutunjukan ciri rasa bangga menjadi anak Indonesia
·
Menyontohkan perwujudan
rasa bangga sebagai anak Indonesia terhadap kebudayaan
Indonesia
·
Menampilkan salah satu wujud
rasa bangga sebagai anak Indonesia dalam melestarikan kebudayaan Indonesia
·
Mendefinisikan arti semangat kerja
·
Menemutunjuknciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
·
Menyimpulkan manfaat semangat kerja
·
Menumbuhkan rasa cinta tanah air
·
Menerapkan sikap menghargai kebudayaan Indonesia
·
Menumbuhkan semangat kebangsaan
·
Menumbuhkan budaya disiplin dalam kehidupan sehari-hari
·
Menumbuhkan semangat bekerja keras
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui metode ekspositori siswa dapat menemutunjukan cirri bangga menjadi anak Indonesia.
·
Melalui kegiatan
Tanya jawab siswa dapat menyontohkan perwujudan rasa bangga terhadap kebudayaan Indonesia.
·
Melalui kegiatan menggambar motif batik siswa dapat menampikan salah satu wujud rasa bangga sebagai anak Indonesia
dalam melestarikan kebudayaan Indonesia.
·
Melalui metode ekspositori siswa dapat mendefinisikan arti semangat kerja.
·
Melalui pemberian contoh siswa dapat menemutunjukan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja.
·
Melalui kegiatan praktek lomba menggambar siswa dapat menyimpulkan manfaat semangat kerja.
·
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa diharapkan memiliki rasa cintatanah air, menghargai kebudayaan Indonesia,semangat kebangsaan, disiplin dan bekerja keras.
E.
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
·
Cinta tanah
air
·
Menghargai kebudayaan
Indonesia
·
Semangat kebangsaan
·
Disiplin
·
Bekerjakeras
F.
MATERI
POKOK
·
Arti anak
Indonesia
·
Arti Rasa bangga
·
Ciri rasa bangga menjadi anak Indonesia
·
Arti semangat kerja
·
Ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
·
Manfaat semangat kerja
G.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Ekspositori
·
Tanya jawab
·
Praktek menggambar
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN INTI
·
Kegiatan awal
( 10 menit )
Ø
Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
Ø
Mengkondisikan siswa siap belajar dengan memeriksa kerapihan duduk siswa.
Ø
Membimbing siswa berdoa
Ø
Memeriksa kehadiran siswa
Ø
Memberikan motivasi belajar kepada siswa
Ø
Guru melakukan apersepsi
Ø
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Kegiatan inti
(45 menit )
Ø
Guru menceritakan sosok tokoh idola anak
Indonesia
Ø Siswa ditugaskan untuk mengamati gambar yang diperlihatkan guru didepan kelas
Ø Siswa memilih gambar yang diperlihatkan
guru.
Ø Guru melakukan tanya jawab mengenai gambar
yang siswa pilih dan alasan mereka memilihnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa contoh perilaku
yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia berdasarkan gambar..
Ø Guru meminta siswa menyebutkan contoh
perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia selain yang telah
disebutkan dan tertulis di buku.
Ø Guru mengingatkan siswa untuk selalu
menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
Ø Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali
materi mengenai keanekaragaman Indonesia dan bangga menjadi orang Indonesia.
Ø Siswa menemutunjukan ciri rasa bangga menjadi anak Indonesia
Ø Guru
memberikan contoh perwujudan rasa bangga terhadap kebudayaan Indonesia
Ø Guru
bertanya jawab dengan siswa
Ø Siswa menyontohkan perwujudan rasa bangga terhadap kebudayaan Indonesia.
Ø
Guru memberikan reward kepada siswa yang biasa menyelesaikan gambar motif batik sederhana dengan tepat.
Ø Guru menugaskan siswa membuat gambar motif batik sederhana .
Ø Siswa menggambar motif batik dengan
bimbingan dari guru.
Ø Siswa mendefinisikan arti semangat kerja
Ø Guru
memberikan contoh ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja.
Ø Siswa menyebutkan manfaat semangat kerja.
·
Kegiatan akhir
( 20 menit )
Ø
Bersama-sama
dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan
Ø
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk
mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar
Ø
Guru melakukan evaluasi pembelajaran
Ø
Pemberian tugas.
Ø
Mengakhiri
pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing
I.
SUMBER
DAN ALAT/MEDIA
SumberBelajar :
·
Slametdkk.2008. Pendidikan Kewarganegaraan 3 Untuk SD/MI Kelas III. Jakarta:
Pusbuk-Depdiknas.halaman 82.
·
Rusmandan M Nursa’ban. 2008. IlmuPengetahuanSosial 3 untuk SD/MI Kelas
III. Jakarta :Pusbuk-Depdiknas.halaman
43.
Media/alatpembelajaran
:
·
Foto
tokoh idola
·
Gambar-gambar
prilaku rasa bangga
J.
EVALUASI
·
JenisTes
: Penilaian Individu
·
Bentuk tes
: uraian dan prodak
![](file:///C:\DOCUME~1\Toshiba\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.png)
Soal evaluasi
Isilah tabel dibawah ini
No
|
Prilaku bangga
menjadi anak Indonesia
|
Ciri-ciri orang
yang semangat kerja
|
Akibat orang yang
tidak semangat kerja
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
Format penilaian
·
Produk
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor perolehan
|
Nilai akhir
|
||
Keindahan
|
Kerapihan
|
Ketepatan waktu
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penilaian Produk
Deskrifsi kegiatan
|
Aspek
|
Skor
|
·
Siswa
tidak menggunakan warna
·
Siswa
menggunakan warna tapi tidak jelas
·
Siswa
menggunakan warna
|
Keindahan
|
0
1
2
|
·
Banyak
coretan dan kertasnya kotor
·
Ada
coretan tapi tidak kotor
·
Tidak
ada coretan dan tidak kotor
|
Kerapihan
|
0
1
2
|
·
Lebih
5 menit ke atas dari waktu yang ditentukan
·
Lebih 1-4 menit dari waktu yang ditentukan
·
Tepat
waktu
|
Ketepatan waktu
|
0
1
2
|
Pedoman penilaian karakter yang diharapkan
No
|
Karakter yang
diharapkan
|
Prilaku yang ditampilkan
|
Keterangan
|
|
Dilakukan
|
Tidak dilakukan
|
|||
1
|
·
Cinta tanah
air
|
Ø
Menggunakan
bahasa ibu dilingkungan keluarga.
Ø
Menggunakan
bahasa Indonesia di lingkungan sekolah.
Ø
Menggunakan
baju batik kesek0lah dihari yang sudah dijadwlkan
|
|
|
2
|
·
Menghargai kebudayaan
Indonesia
|
Ø
Mengunjungi
tempat tempat bersejarah.
Ø
|
|
|
3
|
·
Semangat kebangsaan
|
Ø
Datang
ke sekolah tidak terlambat
Ø
Semangat
dalam menyanyikan lagu indonesia raya
Ø
Mengikuti
upacara bendera hari senin
|
|
|
4
|
·
Disiplin
|
Ø
Bangun
pagi dan tidak terlambat datang ke sekolah
Ø
Mengerjakan
tugas dari guru
Ø
Mematuhi
aturan
|
|
|
5
|
·
Bekerja
keras
|
Ø
Rajin
menabung
Ø
Bertanya
saat tidak mengerti
|
|
|
Terima kasih sangat membantu
BalasHapusok samasama ^_^
BalasHapus