RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri Ridwan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV/2
Alokasi Waktu :
4 x 35 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
9.
Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit.
B.
KOMPETENSI DASAR
9.2
Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.
C.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi perubahan bentuk bulan setiap
harinya.
2.
Menggambar perubahan bentuk bulan setiap harinya.
3.
Mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi akibat
pengaruh bulan.
4.
Mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi akibat
pengaruh angin.
5.
Mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi akibat
pengaruh hujan.
6.
Mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi akibat
pengaruh bencana alam.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui model pembelajaran EKPA (Elitasi, Konfrontasi,
Pengenalan Konsep, dan Aplikasi konsep) siswa dapat mengidentifikasi perubahan
bentuk bulan setip harinya.
2.
Melalui model pembelajaran EKPA (Elitasi, Konfrontasi,
Pengenalan Konsep, dan Aplikasi konsep) siswa dapat menggambar perubahan bentuk
bulan setiap harinya.
3.
Melalui model pembelajaran EKPA (Elitasi, Konfrontasi,
Pengenalan Konsep, dan Aplikasi konsep) siswa dapat Mengidentifikasi perubahan
kenampakan bumi akibat pengaruh bulan.
4.
Melalui model pembelajaran EKPA (Elitasi, Konfrontasi,
Pengenalan Konsep, dan Aplikasi konsep) siswa dapat mengidentifikasi perubahan
kenampakan bumi akibat pengaruh angin.
5.
Melalui model pembelajaran EKPA (Elitasi, Konfrontasi,
Pengenalan Konsep, dan Aplikasi konsep) siswa dapat mengidentifikasi perubahan
kenampakan bumi akibat pengaruh hujan.
6.
Melalui model pembelajaran EKPA (Elitasi, Konfrontasi,
Pengenalan Konsep, dan Aplikasi konsep) siswa dapat Mengidentifikasi perubahan
kenampakan bumi akibat pengaruh bencana alam.
E.
MATERI POKOK
Posisi bulan
dan kenampakan bumi dari hari ke hari
Submateri
·
Perubahan bentuk
bulan setiap harinya
·
Penyebab terjadinya perubahan kenampakan bumi.
F.
MODEL PEMBELAJARAN
·
Model pembelajaran EKPA (
Elitasi, konfrontasi, Pengenalan Konsep, dan aplikasi Konsep).
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø Kegiatan Awal
1.
Guru menyapa siswa
dengan menanyakan kabar.
2.
Memeriksa kerapihan duduk
siswa dengan cara meminta duduk siswa yang rapih.
3.
Membimbing siswa berdoa.
4.
Memeriksa kehadiran siswa.
5.
Guru melakukan apersepsi
dengan cara menanyakan kepada siswa”kapankah biasanya para nelayan pergi
melaut? Jika ada anak yang menjawab malam maka guru menanyakan alasannya kenapa
malam?
6.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran dengan cara menanyakan siapa yang tahu bentuk-bentuk bulan?
Ø
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi ( Elitasi)
1. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyan dari guru mengenai fase-fase
bulan.
2. Siswa mengungkapkan pendapat mengenai dampak perubahan bentuk
bulan terhadap kenampakan bumi.
3. Siswa menjelaskan alasan terjadinya bulan purnama.
4. Siswa dikelompokan menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok
terdiri dari 4 orang siswa.
5. Siswa menyimak penjelasan guru tentang petunjuk pengisisan LKS.
6. Siswa menanyakan kepada guru jika ada yang tidak dimengerti dari
soal-soal LKS.
7. Siswa bersama kelompoknya mengerjakan LKS.
b. Elaborasi (Konfrontasi)
1. Siswa mengerjakan LKS dengan berdiskusi bersama teman
sekelompoknya.
2. Guru membimbing setiap kelompok dalam mengerjakan LKS.
3. Siswa memperesentasikan hasil dari pengerjaan LKS.
4. Siswa mendemonstrasikan kegiatan yang ada dalam LKS.
5. Guru memfasilitasi siswa dalam mendemonstrasikan kegiatan LKS.
c. Konfirmasi (Pengembangn Konsep)
1. Guru membimbing siswa menggambar seluruh perubahan bentuk bulan.
2. Guru meluruskan kesalahpemahaman konsep siswa tentang perubahan bentuk
bulan.
3. Guru meluruskan kesalahpemahaman konsep siswa tentang perubahan
kenampakan bumi dari hari ke hari.
Ø
Kegiatan Akhir
1.
Guru dan siswa
bersama-sama menyimpulkan Posisi
bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.
2.
Siswa mengerjakan
evaluasi materi Posisi bulan
dan kenampakan bumi dari hari ke hari.
3.
Melakukan kegiatan repleksi sperti mengevaluasi
kegiatan pembelajaran yang dilakukan, sikap dan prilaku siswa selama kegiatan
pembelajaran.
4. Membimbing siswa berdoa setelah kegiatan pembelajaran selesai.
H.
SUMBER ALAT DAN MEDIA
·
Sumber :
Ø
Wahyono Budi dan Setyo N. (2008). Ilmu
Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas IV Jakarta: Pusat Perbukuan
Depdiknas.Halaman 117.
Ø
Sulistyanto Heri dan Edi W. (2008). Ilmu
Pengetahuan Alam SD/MI IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.Halaman 150 .
Ø
Devi K Popy dan Sri A (2008). Ilmu
Pengetahuan Alam SD/MI IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.Halaman 154.
Ø
Rositawati S dan Aris M (2008). Ilmu
Pengetahuan Alam SD/MI IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.Halaman 151.
·
Media
Ø
Gambar penyebab perubahan kenampakan bumi.
Ø Bola
Ø
Senter
1.
EVALUASI
·
Prosedur : penilaian proses dan penilaian
akhir
·
Bentuk tes : Tulisan dan penilaian
sikap
·
Jenis tes : Penilaian Individu
·
Instrumen : a) Soal Uraian
b) 1. Pedoman Penilaian Penugasan
2. Pedoman Penilaian Sikap
Bandung, 01 April 2013
Peserta PPG SM-3T
Ridwan Abdul Goni, S.Pd
Bagus, ijin cuplik ya
BalasHapus