Selasa, 04 Maret 2014

RPP IPA Kelas IV tentang Posisi Bulan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar Negeri Ridwan
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                       : IV/2
Alokasi Waktu                         : 4 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit.
B.     KOMPETENSI DASAR
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.
C.    INDIKATOR
1.      Mengidentifikasi perubahan bentuk bulan setiap harinya.
2.      Menggambar perubahan bentuk bulan setiap harinya.
3.      Mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi akibat pengaruh bulan.
4.      Mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi akibat pengaruh angin.
5.      Mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi akibat pengaruh hujan.
6.      Mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi akibat pengaruh bencana alam.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui model pembelajaran EKPA (Elitasi, Konfrontasi, Pengenalan Konsep, dan Aplikasi konsep) siswa dapat mengidentifikasi perubahan bentuk bulan setip harinya.
2.      Melalui model pembelajaran EKPA (Elitasi, Konfrontasi, Pengenalan Konsep, dan Aplikasi konsep) siswa dapat menggambar perubahan bentuk bulan setiap harinya.
3.      Melalui model pembelajaran EKPA (Elitasi, Konfrontasi, Pengenalan Konsep, dan Aplikasi konsep) siswa dapat Mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi akibat pengaruh bulan.
4.      Melalui model pembelajaran EKPA (Elitasi, Konfrontasi, Pengenalan Konsep, dan Aplikasi konsep) siswa dapat mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi akibat pengaruh angin.
5.      Melalui model pembelajaran EKPA (Elitasi, Konfrontasi, Pengenalan Konsep, dan Aplikasi konsep) siswa dapat mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi akibat pengaruh hujan.
6.      Melalui model pembelajaran EKPA (Elitasi, Konfrontasi, Pengenalan Konsep, dan Aplikasi konsep) siswa dapat Mengidentifikasi perubahan kenampakan bumi akibat pengaruh bencana alam.
E.     MATERI POKOK
Posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari
Submateri
·         Perubahan bentuk  bulan setiap harinya
·         Penyebab terjadinya perubahan  kenampakan bumi.
F.     MODEL PEMBELAJARAN
·         Model pembelajaran EKPA ( Elitasi, konfrontasi, Pengenalan Konsep, dan aplikasi Konsep).
G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø  Kegiatan Awal
1.      Guru menyapa siswa dengan  menanyakan kabar.
2.      Memeriksa kerapihan duduk siswa dengan cara meminta duduk siswa yang rapih.
3.      Membimbing siswa berdoa.
4.      Memeriksa kehadiran siswa.
5.      Guru melakukan apersepsi dengan cara menanyakan kepada siswa”kapankah biasanya para nelayan pergi melaut? Jika ada anak yang menjawab malam maka guru menanyakan alasannya kenapa malam?
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan cara menanyakan siapa yang tahu bentuk-bentuk bulan?
Ø  Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi ( Elitasi)
1.      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyan dari guru mengenai fase-fase bulan.
2.      Siswa mengungkapkan pendapat mengenai dampak perubahan bentuk bulan terhadap kenampakan bumi.
3.      Siswa menjelaskan alasan terjadinya bulan purnama.
4.      Siswa dikelompokan menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang siswa.
5.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang petunjuk pengisisan LKS.
6.      Siswa menanyakan kepada guru jika ada yang tidak dimengerti dari soal-soal LKS.
7.      Siswa bersama kelompoknya mengerjakan LKS.
b.      Elaborasi (Konfrontasi)
1.      Siswa mengerjakan LKS dengan berdiskusi bersama teman sekelompoknya.
2.      Guru membimbing setiap kelompok dalam mengerjakan LKS.
3.      Siswa memperesentasikan hasil dari pengerjaan LKS.
4.      Siswa mendemonstrasikan kegiatan yang ada dalam LKS.
5.      Guru memfasilitasi siswa dalam mendemonstrasikan kegiatan LKS.
c.       Konfirmasi (Pengembangn Konsep)
1.      Guru membimbing siswa menggambar seluruh perubahan bentuk bulan.
2.      Guru meluruskan kesalahpemahaman konsep siswa tentang perubahan bentuk bulan.
3.      Guru meluruskan kesalahpemahaman konsep siswa tentang perubahan kenampakan bumi dari hari ke hari.
Ø  Kegiatan Akhir
1.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan Posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.
2.      Siswa mengerjakan evaluasi materi Posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.
3.      Melakukan kegiatan repleksi sperti mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan, sikap dan prilaku siswa selama kegiatan pembelajaran.
4.      Membimbing siswa berdoa setelah kegiatan pembelajaran selesai.
H.     SUMBER ALAT DAN MEDIA
·         Sumber :
Ø  Wahyono Budi dan Setyo N. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas IV Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.Halaman 117.
Ø  Sulistyanto Heri dan Edi W. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.Halaman 150 .
Ø  Devi K Popy dan Sri A (2008). Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.Halaman 154.
Ø  Rositawati S dan Aris M (2008). Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.Halaman 151.
·         Media
Ø  Gambar penyebab perubahan kenampakan bumi.
Ø  Bola
Ø  Senter
1.      EVALUASI
·         Prosedur               : penilaian proses dan penilaian akhir
·         Bentuk tes                        : Tulisan dan penilaian sikap
·         Jenis tes                : Penilaian Individu
·         Instrumen             : a) Soal Uraian
                                        b) 1. Pedoman Penilaian Penugasan
                                            2. Pedoman Penilaian Sikap

Bandung, 01 April 2013
Peserta PPG SM-3T


Ridwan Abdul Goni, S.Pd

1 komentar:

KLIK SAJA :)

Postingan Populer