RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan :
SekolahDasar X
Mata Pelajaran : 1. PKn
2. IPS
Tema : Cinta Tanah Air
Kelas/semester : III/2
AlokasiWaktu : 2 x 35
menit
![](file:///C:/Users/VARHAN~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.png)
A.
STANDAR KOMPETENSI
·
PKn
4. Memiliki Kebanggaan sebagai bangsa
Indonesia
·
IPS
2. Memahami jenis Pekerjaan dan penggunaan uang
B.
KOMPETENSI DASAR
·
PKn
4.2 Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
·
IPS
2.2 Memahami pentingnya semangat kerja
C.
INDIKATOR
·
Menemutunjukan ciri rasa
bangga menjadi anak Indonesia
·
Menyontohkan perwujudan
rasa bangga sebagai anak Indonesia terhadap kebudayaan Indonesia
·
Menampilkan salah satu wujud rasa
bangga sebagai anak Indonesia dalam melestarikan kebudayaan Indonesia
·
Mendefinisikan arti semangat kerja
·
Menemutunjuknciri-ciri
orang yang memiliki semangat kerja
·
Menyimpulkan manfaat semangat kerja
·
Menumbuhkan
rasa cinta tanah air
·
Menerapkan sikap menghargai kebudayaan
Indonesia
·
Menumbuhkan semangat kebangsaan
·
Menumbuhkan budaya disiplin dalam kehidupan sehari-hari
·
Menumbuhkan semangat bekerja keras
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Melalui metode ekspositori siswa dapat menemutunjukan cirri bangga menjadi anak Indonesia.
·
Melalui kegiatan Tanya
jawab siswa dapat menyontohkan perwujudan rasa bangga terhadap kebudayaan Indonesia.
·
Melalui kegiatan menggambar motif
batik siswa dapat menampikan salah satu wujud rasa bangga sebagai anak Indonesia dalam melestarikan kebudayaan
Indonesia.
·
Melalui metode ekspositori siswa dapat mendefinisikan arti semangat kerja.
·
Melalui pemberian contoh siswa dapat menemutunjukan ciri-ciri
orang yang memiliki semangat kerja.
·
Melalui kegiatan praktek lomba menggambar siswa dapat menyimpulkan manfaat semangat kerja.
·
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa diharapkan memiliki rasa
cintatanah air, menghargai kebudayaan Indonesia,semangat kebangsaan,
disiplin dan bekerja keras.
E.
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
·
Cinta tanah air
·
Menghargai kebudayaan
Indonesia
·
Semangat kebangsaan
·
Disiplin
·
Bekerjakeras
F.
MATERI POKOK
·
Arti anak Indonesia
·
Arti Rasa
bangga
·
Ciri rasa
bangga menjadi anak Indonesia
·
Arti semangat kerja
·
Ciri-ciri
orang yang memiliki semangat kerja
·
Manfaat semangat kerja
G.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ekspositori
·
Tanya
jawab
·
Praktek menggambar
H.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN INTI
·
Kegiatan awal ( 10
menit )
Ø Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
Ø Mengkondisikan siswa siap belajar dengan memeriksa kerapihan duduk siswa.
Ø Membimbing siswa berdoa
Ø Memeriksa kehadiran siswa
Ø Memberikan motivasi belajar kepada siswa
Ø Guru melakukan apersepsi
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Kegiatan inti (45 menit
)
Ø Guru menceritakan sosok tokoh idola anak Indonesia
Ø Siswa ditugaskan
untuk mengamati gambar yang
diperlihatkan guru didepan kelas
Ø Siswa memilih gambar yang
diperlihatkan guru.
Ø Guru melakukan tanya
jawab mengenai gambar yang siswa pilih dan alasan mereka memilihnya.
Ø Guru menjelaskan
beberapa contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
berdasarkan gambar..
Ø Guru meminta siswa
menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
selain yang telah disebutkan dan tertulis di buku.
Ø Guru mengingatkan
siswa untuk selalu menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
Ø Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali
materi mengenai keanekaragaman Indonesia dan bangga menjadi orang Indonesia.
Ø Siswa menemutunjukan ciri rasa bangga menjadi anak Indonesia
Ø Guru memberikan contoh perwujudan
rasa bangga terhadap kebudayaan Indonesia
Ø Guru bertanya jawab dengan siswa
Ø Siswa menyontohkan perwujudan rasa bangga terhadap kebudayaan
Indonesia.
Ø Guru memberikan reward kepada siswa yang
biasa
menyelesaikan gambar motif batik sederhana dengan tepat.
Ø Guru menugaskan siswa
membuat gambar motif batik sederhana .
Ø Siswa menggambar motif batik
dengan bimbingan dari guru.
Ø Siswa mendefinisikan arti semangat kerja
Ø Guru memberikan contoh ciri-ciri
orang yang memiliki semangat kerja.
Ø Siswa menyebutkan manfaat semangat kerja.
·
Kegiatan akhir ( 20
menit )
Ø Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan
Ø Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui
ketercapai indikator dan kompetensi dasar
Ø Guru melakukan evaluasi pembelajaran
Ø Pemberian tugas.
Ø Mengakhiri pelajaran
dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing
I.
SUMBER DAN ALAT/MEDIA
SumberBelajar :
·
Slametdkk.2008.
Pendidikan Kewarganegaraan
3 Untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusbuk-Depdiknas.halaman 82.
·
Rusmandan
M Nursa’ban. 2008. IlmuPengetahuanSosial
3 untuk SD/MI Kelas III. Jakarta :Pusbuk-Depdiknas.halaman 43.
Media/alatpembelajaran
:
·
Foto tokoh idola
·
Gambar-gambar prilaku rasa bangga
J.
EVALUASI
·
JenisTes : Penilaian Individu
Bentuk tes : uraian dan prodak
0 komentar:
Posting Komentar