RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P)
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Dasar Negeri Satu
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Materi Pokok :
Aktivitas Ekonomi di Lingkungan Sekitar
Kelas /
Semester : IV/2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di
ingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
B.
KOMPETENSI DASAR
2. 1 Mengenal aktivitas
ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.
C.
INDIKATOR
1.
Mendeskripsikan proses
aktivitas ekonomi masyarakat yang memanfaatkan sumber daya alam di
bidang perikanan.
2.
Mendeskripsikan proses
aktivitas ekonomi masyarakat yang memanfaatkan sumber daya alam di
bidang pertambangan.
3.
Mendeskripsikan proses
aktivitas ekonomi masyarakat yang memanfaatkan sumber daya alam di
bidang pariwisata.
4.
Menyebutkan sumber daya alam
dilingkungan tempat tinggal yang dapat dimanfaatkan sebagai aktivitas ekonomi.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui kegiatan diskusi
pengerjaan LKS siswa dapat menuliskan proses aktivitas ekonomi masyarakat di
bidang perikanan.
2.
Melalui kegiatan diskusi
pengerjaan LKS siswa dapat menuliskan proses aktivitas ekonomi masyarakat di
bidang pertambangan.
3.
Melalui kegiatan diskusi
pengerjaan LKS siswa dapat menuliskan proses aktivitas ekonomi masyarakat di
bidang pariwisata.
4.
Melalui diskusi pengerjaan LKS
siswa dapat menyebutkan 3 sumber daya
alam dilingkungan tempat tinggal yang dapat dimanfaatkan sebagai aktivitas
ekonomi
E.
MATERI POKOK
Aktivitas ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam
Subpokok Materi :
Ø Definisi aktivitas ekonomi
Ø Definisi sumber daya alam
Ø Jenis-jenis aktivitas ekonomi masyarakat
Ø Sumber daya alam dilingkungan tempat tinggal yang dapat dimanfaatkan
sebagai aktivitas ekonomi.
F.
METODE PEMBELAJARAN
·
ekspositori
·
Penugasan
·
diskusi
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal (5 Menit)
a.
Siswa
berdoa sebelum belajar
b.
Memeriksa
daftar hadir siswa
c.
Apersepsi
Tanya jawab
tentang sumber daya alam
d.
Menyampaikan
tujuan
pembelajaran
dengan cara menanyakan kepada siswa “adakah yang pernah pergi ke tangkuban
perahu?
2.
Kegiatan Inti (50 Menit)
a.
Siswa dibagi
kedalam lima kelompok yang heterogen, masing-masing kelompok terdiri dari lima
orang.
b.
Setiap
kelompok diberi LKS
c.
Setiap
kelompok mendiskusikan LKS yang telah diberikan.
d.
Setiap
perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusinya.
e.
Siswa
diberi kesempatan jika masih ada hal yang belum dimengerti.
f.
Siswa
mengerjakan
evaluasi pembelajaran
3.
Kegiatan Akhir (15 Menit)
a.
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.
Siswa
diberi penguatan agar belajar lebih giat lagi dan meminta siswa untuk
mempelajari materi yang akan dipelajari.
H.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Sumber :
·
Sadiman I S dan Shendy Amalia
2008. Ilmu Pengetahuan Sosial SD kelas
IV. Jakarta: Pusbuk-Depdiknas. Halaman 83,.
·
Hisnu Tantya dan winardi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial SD kelas IV. Jakarta: Pusbuk-Depdiknas.
Halaman 142,.
2.
Media :
·
Gambar
aktivitas ekonomi masyarakat.
I.
EVALUASI
1.
Bentuk tes :
Tulis
2.
Jenis tes :
penilaian individu
3.
Instrument :
lembar penilaian
Bandung, 13 Maret 2013
Guru kelas
0 komentar:
Posting Komentar