Minggu, 31 Maret 2013

Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di ingkungan kabupaten/kota dan provinsi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar Negeri Satu
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi Pokok                           : Aktivitas Ekonomi di Lingkungan Sekitar
Kelas / Semester                       : IV/2
Alokasi Waktu                         : 2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di ingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
B.     KOMPETENSI DASAR
2. 1 Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.
C.    INDIKATOR
1.    Mendeskripsikan proses  aktivitas ekonomi masyarakat yang memanfaatkan sumber daya alam di bidang perikanan.
2.    Mendeskripsikan proses  aktivitas ekonomi masyarakat yang memanfaatkan sumber daya alam di bidang pertambangan.
3.    Mendeskripsikan proses  aktivitas ekonomi masyarakat yang memanfaatkan sumber daya alam di bidang pariwisata.
4.    Menyebutkan sumber daya alam dilingkungan tempat tinggal yang dapat dimanfaatkan sebagai aktivitas ekonomi.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Melalui kegiatan diskusi pengerjaan LKS siswa dapat menuliskan proses aktivitas ekonomi masyarakat di bidang perikanan.
2.    Melalui kegiatan diskusi pengerjaan LKS siswa dapat menuliskan proses aktivitas ekonomi masyarakat di bidang pertambangan.
3.    Melalui kegiatan diskusi pengerjaan LKS siswa dapat menuliskan proses aktivitas ekonomi masyarakat di bidang pariwisata.
4.    Melalui diskusi pengerjaan LKS siswa dapat menyebutkan  3 sumber daya alam dilingkungan tempat tinggal yang dapat dimanfaatkan sebagai aktivitas ekonomi
E.     MATERI POKOK
Aktivitas ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam
Subpokok Materi :
Ø  Definisi aktivitas ekonomi
Ø  Definisi sumber daya alam
Ø  Jenis-jenis aktivitas ekonomi masyarakat
Ø  Sumber daya alam dilingkungan tempat tinggal yang dapat dimanfaatkan sebagai aktivitas ekonomi.
F.     METODE PEMBELAJARAN
·         ekspositori
·         Penugasan
·         diskusi
G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal (5 Menit)
a.      Siswa berdoa sebelum belajar
b.      Memeriksa daftar hadir siswa
c.       Apersepsi Tanya jawab tentang sumber daya alam
d.      Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan cara menanyakan kepada siswa “adakah yang pernah pergi ke tangkuban perahu?
2.      Kegiatan Inti (50 Menit)
a.      Siswa dibagi kedalam lima kelompok yang heterogen, masing-masing kelompok terdiri dari lima orang.
b.      Setiap kelompok diberi LKS
c.       Setiap kelompok mendiskusikan LKS yang telah diberikan.
d.      Setiap perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusinya.
e.       Siswa diberi kesempatan jika masih ada hal yang belum dimengerti.
f.       Siswa mengerjakan evaluasi pembelajaran
3.      Kegiatan Akhir (15 Menit)
a.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.      Siswa diberi penguatan agar belajar lebih giat lagi dan meminta siswa untuk mempelajari materi yang akan dipelajari.

H.    SUMBER DAN MEDIA
1.      Sumber :
·         Sadiman I S dan Shendy Amalia 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial SD kelas IV. Jakarta: Pusbuk-Depdiknas. Halaman 83,.
·         Hisnu Tantya dan winardi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial SD kelas IV. Jakarta: Pusbuk-Depdiknas. Halaman 142,.
2.      Media :
·         Gambar aktivitas ekonomi masyarakat.




I.       EVALUASI
1.      Bentuk tes     : Tulis
2.      Jenis tes         : penilaian individu
3.      Instrument    : lembar penilaian






Bandung, 13 Maret 2013
Guru kelas





Ridwan Abdul Goni

0 komentar:

Posting Komentar

KLIK SAJA :)

Postingan Populer