RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P)
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Dasar Negeri 7
Mata
Pelajaran :
Matematika
Materi Pokok : Sifat-sifat bangun ruang
Kelas /
Semester : V/2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun.
B.
KOMPETENSI DASAR
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang.
C.
INDIKATOR
1.
Menemutunjukkan sisi bangun ruang :
a.
Prisma tegak segi empat
b.
Limas segi empat
c.
Tabung
d.
kerucut
e.
Bola.
2.
Menemutunjukkan rusuk bangun ruang :
a.
Prisma tegak segi empat
b.
Limas segi empat
c.
Tabung
d.
kerucut
e.
Bola
3.
Menemutunjukkan titik sudut bangun ruang :
a.
Prisma tegak segi empat
b.
Limas segi empat
c.
Tabung
d.
kerucut
e.
Bola
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui mendemonstrasikan model bangun ruang siswa dapat menemutunjukkan sisi bangun ruang:
a.
Prisma tegak segi empat
b.
Limas segi empat
c.
Tabung
d.
kerucut
e.
Bola
2.
Melalui mendemonstrasikan model bangun ruang siswa dapat menemutunjukkan rusuk bangun ruang:
a.
Prisma tegak segi empat
b.
Limas segi empat
c.
Tabung
d.
kerucut
e.
Bola
3.
Melalui mendemonstrasikan model bangun ruang siswa dapat menemutunjukkan titik sudut bangun ruang:
a.
Prisma tegak segi empat
b.
Limas segi empat
c.
Tabung
d.
kerucut
e.
Bola
E.
MATERI POKOK
Sifat-sifat bangun
ruang
Submateri
·
Definisi bangun ruang
·
Bagian-bagian dari sebuah bangun
ruang:
·
Bidang bangun ruang
·
Sifat sifat bangun ruang
F.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ekspositori
·
Penugasan
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø Kegiatan Awal
1.
Guru mengucapkan salam kepada siswa
2.
Membimbing siswa berdoa.
3.
Memeriksa kehadiran siswa.
4.
Apersepsi
dan menyampaikan tujuan pembelajaran dengan menanyakan tentang bentuk bak mandi
di rumahnya kemudian mengidentifikasi sifat-sifatnya. Missal ada siswa yang menjawab
bentuk bak mandinya seperti balok kemudian guru bersama siswa mengidentifikasi
sifat-sifat balok.
Ø Kegiatan Inti
1.
Siswa dibagi
ke dalam lima kelompok yang heterogen, masing-masing kelompok terdiri dari enam
orang.
2.
Setiap
kelompok diberi LKS untuk mengidentifikasi sifat-sifat prisma tegak segi empat,
limas segi empat, tabung, kerucut dan bola.
3.
Setiap
kelompok berdiskusi untuk menemukan sisi, rusuk dan titik sudut pada prisma tegak
segi empat, limas segi empat, tabung, kerucut dan bola.
4.
Setiap
perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusi dengan menggunakan model-model prisma
tegak segi empat, limas segi empat, tabung, kerucut dan bola.
5.
Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya jika ada hal yang belum dimengerti.
6.
Siswa mengerjakan
evaluasi pembelajaran.
Ø Kegiatan Akhir
1.
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.
Siswa
diberi penguatan agar belajar lebih giat lagi dan meminta siswa untuk mempelajari
materi yang akan dipelajari.
3.
Guru membimbing siswa berdoa setelah kegiatan pembelajaran selesai.
H.
SUMBER ALAT DAN MEDIA
·
Soenarjo RJ. 2008. Matematika SD dan MI kelas V. Jakarta:
Pusbuk-Depdiknas. Halaman 233.
I.
EVALUASI
·
Bentuk tes : Tulisan
·
Jenis tes : Penilaian
Individu
Bandung,
15 Maret 2013
Peserta
PPG SM-3T
0 komentar:
Posting Komentar