Selasa, 26 Maret 2013

RPP BANGUN RUANG



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar Negeri 7
Mata Pelajaran                        : Matematika
Materi Pokok                           : Sifat-sifat bangun ruang
Kelas / Semester                       : V/2
Alokasi Waktu                         : 2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun.
B.     KOMPETENSI DASAR
6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang.
C.    INDIKATOR
1.      Menemutunjukkan sisi bangun ruang :
a.       Prisma tegak segi empat
b.      Limas segi empat
c.       Tabung
d.      kerucut
e.       Bola.
2.      Menemutunjukkan rusuk bangun ruang :
a.       Prisma tegak segi empat
b.      Limas segi empat
c.       Tabung
d.      kerucut
e.       Bola
3.      Menemutunjukkan titik sudut  bangun ruang :
a.           Prisma tegak segi empat
b.          Limas segi empat
c.           Tabung
d.          kerucut
e.           Bola
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui mendemonstrasikan model bangun ruang siswa dapat menemutunjukkan sisi bangun ruang:
a.       Prisma tegak segi empat
b.      Limas segi empat
c.       Tabung
d.      kerucut
e.       Bola
2.      Melalui mendemonstrasikan model bangun ruang siswa dapat menemutunjukkan rusuk bangun ruang:
a.       Prisma tegak segi empat
b.      Limas segi empat
c.       Tabung
d.      kerucut
e.       Bola
3.      Melalui mendemonstrasikan model bangun ruang siswa dapat menemutunjukkan titik sudut bangun ruang:
a.       Prisma tegak segi empat
b.      Limas segi empat
c.       Tabung
d.      kerucut
e.       Bola
E.     MATERI POKOK
Sifat-sifat bangun ruang
Submateri
·         Definisi  bangun ruang
·         Bagian-bagian dari sebuah bangun ruang:
·         Bidang bangun ruang
·         Sifat sifat bangun ruang
F.     METODE PEMBELAJARAN
·         Ekspositori  
·         Penugasan
G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø  Kegiatan Awal
1.      Guru mengucapkan salam kepada siswa
2.      Membimbing siswa berdoa.
3.      Memeriksa kehadiran siswa.
4.      Apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran dengan menanyakan tentang bentuk bak mandi di rumahnya kemudian mengidentifikasi sifat-sifatnya. Missal ada siswa yang menjawab bentuk bak mandinya seperti balok kemudian guru bersama siswa mengidentifikasi sifat-sifat balok.
Ø  Kegiatan Inti
1.      Siswa dibagi ke dalam lima kelompok yang heterogen, masing-masing kelompok terdiri dari enam orang.
2.      Setiap kelompok diberi LKS untuk mengidentifikasi sifat-sifat prisma tegak segi empat, limas segi empat, tabung, kerucut dan bola.
3.      Setiap kelompok berdiskusi untuk menemukan sisi, rusuk dan titik sudut pada prisma tegak segi empat, limas segi empat, tabung, kerucut dan bola.
4.      Setiap perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusi dengan menggunakan model-model prisma tegak segi empat, limas segi empat, tabung, kerucut dan bola.
5.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jika ada hal yang belum dimengerti.
6.      Siswa mengerjakan evaluasi pembelajaran.
Ø  Kegiatan Akhir
1.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa diberi penguatan agar belajar lebih giat lagi dan meminta siswa untuk mempelajari materi yang akan dipelajari.
3.      Guru membimbing siswa berdoa setelah kegiatan pembelajaran selesai.
H.    SUMBER ALAT DAN MEDIA
·         Soenarjo RJ. 2008. Matematika SD dan MI kelas V. Jakarta: Pusbuk-Depdiknas. Halaman 233.
I.       EVALUASI
·         Bentuk tes                                    : Tulisan 
·         Jenis tes                            : Penilaian Individu






Bandung, 15 Maret 2013
Peserta PPG SM-3T



Ridwan Abdul Goni, S.Pd

0 komentar:

Poskan Komentar

KLIK SAJA :)

Entri Populer

Facebook Share