RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 5
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan sosial
Kelas / Semester : V/2
Alokasi Waktu :
6 x 35 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
B.
KOMPETENSI DASAR
2.1 Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa pnjajahan Belanda dan Jepang.
C.
INDIKATOR
1. Menyebutkan tokoh-tokoh
pejuang pada masa penjajahan Jepang.
2. Menemutunjukan
lokasi-lokasi perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Jepang.
3. Menyebutkan masa
perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
4. Menyimpulkan sifat
perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
5. Menyimpulkan tujuan
perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
6. Menyimpulkan penyebab
perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
7.
Menyimpulkan hasil perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat
menyebutkan tokoh-tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang.
2.
Melalui kegiatan pengerjaan LKS siswa dapat
menemutunjukkan lokasi perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa
penjajahan jepang.
3.
Melalui kegiatan pengerjaan LKS siswa dapat
menyebutkan masa perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan
jepang.
4. Melalui
kegiatan pengerjaan LKS siswa dapat menyimpulkan sifat
perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
5. Melalui
kegiatan pengerjaan LKS siswa dapat menyimpulkan tujuan
perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
6.
Melalui kegiatan pengerjaan LKS siswa dapat menyimpulkan penyebab perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
7.
Melalui kegiatan pengerjaan LKS siswa dapat menyimpulkan hasil perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang
E.
MATERI POKOK
Perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Jepang
Submateri
·
Definisi perjuangan
·
Perjuangan pada masa penjajajahan Jepang
a. Tokoh-tokoh pejuang :
Ø Teuku
Abdul Jalil
Ø K.H
Zaenal Mustopa
Ø Sudanco
fx Supriyadi
b. Lokasi perjuangan para
tokoh pejuang
c. Masa perjuangan para
tokoh pejuang
d. Sifat perjuangan para
tokoh pejuang
e. Tujuan perjuangan
f.
Penyebab terjadinya perlawanan
g.
Hasil perjuangan para tokoh pejuang
F.
METODE PEMBELAJARAN
·
Penugasan
·
Studi pustaka
·
Tanya jawab
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø Kegiatan Awal
1.
Guru menyapa siswa
dengan menanyakan kabar.
2.
Memeriksa kerapihan duduk
siswa dengan cara meminta duduk siswa yang rapih.
3.
Membimbing siswa berdoa.
4.
Memeriksa kehadiran siswa.
5.
Guru melakukan apersepsi
dengan cara memperlihatkan gambar atau foto pahlawan patimura. Lalu menanyakan
kepada siswa, anak-anak apakah kalian masih ingat gambar siapakah ini?
6.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran dengan cara memperlihatkan gambar pahlawan K.H Zaenal Mustopa dan
menanyakan kepada siswa, anak-anak apakah kalian tau gambar siapakah ini?
Ø
Kegiatan Inti
1. Guru membagikan LKS kepada setiap siswa.
2. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pengisian LKS.
3. Guru mengajak siswa ke perpustakaan untuk mencari sumber sebagai
penunjang pengisian LKS.
4. Siswa mengerjakan LKS dengan cara studi pustaka.
5. Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok
terdiri 3 orang.
6. Siswa mempresentasikan hasil pengerjaan LKS.
7. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan tentang isi LKS.
Ø
Kegiatan Akhir
1.
Guru dan siswa
bersama-sama menyimpulkan materi Perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Jepang
2.
Siswa mengerjakan evaluasi
materi Perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Jepang
3. Membimbing siswa berdoa setelah kegiatan pembelajaran selesai.
H.
SUMBER ALAT DAN MEDIA
1. Sumber :
Ø
Susilaningsih Endang dkk. (2008). Ilmu
Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas
5. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.Halaman 145.
Ø
Yuliati Reni dan Ade Munajat. (2008). Ilmu
Pengetahuan Sosial SD/MI 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.Halaman 101
Ø
Syamsiah Siti dkk. (2008). Ilmu Pengetahuan
Sosial SD/MI 5. Jakarta: Pusat
Perbukuan Depdiknas.Halaman 75.
2. Media
Ø
Gambar tokoh pejuang
3.
EVALUASI
·
Bentuk tes : Tulisan
·
Jenis tes : Penilaian Individu
Bandung, 27 Maret 2013
Peserta PPG SM-3T
Ridwan Abdul Goni, S.Pd
Bagus, mohon izin mencuplik ya
BalasHapus