Sabtu, 22 Februari 2014

RPP IPS Menghargai Peranan Tokoh Pejuang



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Satuan Pendidikan                    : Sekolah Dasar Negeri 5
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan sosial
Kelas / Semester                      : V/2
Alokasi Waktu                          : 6 x 35 menit

A.     STANDAR KOMPETENSI
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
B.     KOMPETENSI DASAR
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa pnjajahan Belanda dan Jepang.
C.     INDIKATOR
1.      Menyebutkan tokoh-tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
2.      Menemutunjukan lokasi-lokasi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
3.      Menyebutkan masa perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
4.      Menyimpulkan sifat perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
5.      Menyimpulkan tujuan perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
6.      Menyimpulkan penyebab perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
7.      Menyimpulkan hasil perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang.
2.      Melalui kegiatan pengerjaan LKS siswa dapat menemutunjukkan lokasi perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang.
3.      Melalui kegiatan pengerjaan LKS siswa dapat menyebutkan masa perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang.
4.      Melalui kegiatan pengerjaan LKS siswa dapat menyimpulkan sifat perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
5.      Melalui kegiatan pengerjaan LKS siswa dapat menyimpulkan tujuan perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
6.      Melalui kegiatan pengerjaan LKS siswa dapat menyimpulkan penyebab perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang.
7.      Melalui kegiatan pengerjaan LKS siswa dapat menyimpulkan hasil perjuangan masing-masing tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang
E.     MATERI POKOK
Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang
Submateri
·        Definisi perjuangan
·        Perjuangan pada masa penjajajahan Jepang
a.       Tokoh-tokoh pejuang :
Ø  Teuku Abdul Jalil
Ø  K.H Zaenal Mustopa
Ø  Sudanco fx Supriyadi
b.      Lokasi perjuangan para tokoh pejuang
c.       Masa perjuangan para tokoh pejuang
d.      Sifat perjuangan para tokoh pejuang
e.       Tujuan perjuangan
f.        Penyebab terjadinya perlawanan
g.      Hasil perjuangan para tokoh pejuang
F.      METODE PEMBELAJARAN
·        Penugasan
·        Studi pustaka
·        Tanya jawab
G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø  Kegiatan Awal
1.      Guru menyapa siswa dengan  menanyakan kabar.
2.      Memeriksa kerapihan duduk siswa dengan cara meminta duduk siswa yang rapih.
3.      Membimbing siswa berdoa.
4.      Memeriksa kehadiran siswa.
5.      Guru melakukan apersepsi dengan cara memperlihatkan gambar atau foto pahlawan patimura. Lalu menanyakan kepada siswa, anak-anak apakah kalian masih ingat gambar siapakah ini?
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan cara memperlihatkan gambar pahlawan K.H Zaenal Mustopa dan menanyakan kepada siswa, anak-anak apakah kalian tau gambar siapakah ini?
Ø  Kegiatan Inti
1.      Guru membagikan LKS kepada setiap siswa.
2.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang pengisian LKS.
3.      Guru mengajak siswa ke perpustakaan untuk mencari sumber sebagai penunjang pengisian LKS.
4.      Siswa mengerjakan LKS dengan cara studi pustaka.
5.      Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri 3 orang.
6.      Siswa mempresentasikan hasil pengerjaan LKS.
7.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan tentang isi LKS.
Ø  Kegiatan Akhir
1.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang
2.      Siswa mengerjakan evaluasi materi Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Jepang
3.      Membimbing siswa berdoa setelah kegiatan pembelajaran selesai.
H.     SUMBER ALAT DAN MEDIA
1.      Sumber :
Ø  Susilaningsih Endang dkk. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI    Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.Halaman 145.
Ø  Yuliati Reni dan Ade Munajat. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.Halaman 101
Ø  Syamsiah Siti dkk. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI 5. Jakarta:     Pusat Perbukuan Depdiknas.Halaman 75.
2.      Media
Ø  Gambar tokoh pejuang
3.      EVALUASI
·        Bentuk tes             : Tulisan
·        Jenis tes                 : Penilaian Individu



Bandung, 27 Maret 2013
Peserta PPG SM-3T


Ridwan Abdul Goni, S.Pd

1 komentar:

KLIK SAJA :)

Postingan Populer