RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri Hayalan
Mata Pelajaran : Matematika
Materi pokok :Pengurangan
bilangan bulat
Kelas / Semester : IV/2
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
5.
Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
B.
KOMPETENSI DASAR
5.2
Mengurangkan bilangan bulat
C.
INDIKATOR
1.
Mengurangkan bilangan bulat positif dengan bilangan
bulat positif.
2.
Mengurangkan bilangan bulat positif dengan bilangan
bulat negatif.
3.
Mengurangkan bilangan bulat negatif dengan bilangan
bulat positif.
4.
Mengurangkan bilangan negatif dengan negatif.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui media garis bilangan dan kartu warna, Siswa
dapat mengurangkan bilangan bulat
positif dengan positif antara 1 sampai 100.
2.
Melalui media garis bilangan dan kartu warna, Siswa
dapat Mengurangkan bilangan bulat
positif dengan bilangan bulat negatif antara 1 sampai negatif 100.
3.
Melalui media garis bilangan dan kartu warna, Siswa
dapat Mengurangkan bilangan bulat
negatif antara 1 sampai negatif 100 dengan bilangan bulat positif antara 1 sampai 100.
4.
Melalui media garis bilangan dan kartu warna, Siswa
dapat Mengurangkan bilangan bulat negatif
dengan bilangan bulat negatif antara 1
sampai negatif 100.
5.
Melalui kegiatan mendemonstrasikan cara operasi pengurangan
bilangan bulat dengan menggunakan media garis bilangan dan kartu warna siswa
berani untuk mengerjakan soal di depan kelas.
E.
MATERI POKOK
Pengurangan
bilangan bulat
Submateri
·
Definisi bilangan bulat
·
Definisi pengurangan
·
Operasi hitung
pengurangan bilangan bulat
·
Cara menyelesaikan operasi hitung pengurangan bilangan
bulat
·
Soal-s0al pengurangan bilangan bulat
F.
METODE PEMBELAJARAN
·
Tanya jawab
·
Demontrasi
·
Penugasan
·
Latihan soal
·
Ekspositori
G.
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
·
Berani
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø Kegiatan Awal
1.
Guru menyapa dan menanyakan
kabar siswa
2.
Memeriksa kerapihan duduk
siswa.
3.
Membimbing siswa berdoa
4.
Memeriksa kehadiran siswa
5.
Memberikan motivasi belajar
kepada siswa
6.
Guru melakukan apersepsi
dengan cara menanyakan siswa tentang materi penjumlahan bilangan bulat.
7.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
Ø
Kegiatan Inti
1. Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai cara melakukan
operasi hitung pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan media garis
bilangan.
2. Siswa mendemonstrasikan cara melakukan pengurangan bilangan
bulat dengan menggunakan media garis bilangan.
3. Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai cara melakukan
operasi hitung pengurangan dengan menggunakan media kartu warna.
4. Siswa mendemonstrasikan cara melakukan pengurangan bilangan
bulat dengan menggunakan media kartu warna.
5. Guru membagikan LKS kepada siswa secara individu.
6. Siswa mengerjakan LKS secara individu
7. Guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan hasil pengerjaan LKS
dengan menggunakan media kartu warna.
8. Siswa yang berani mendemonstrasikan hasil pengerjaan LKSnya dan
hasilnya tepat akan mendapat penghargaan lencana keberanian.
9. Siswa mengumpulkan LKS untuk diperiksa guru.
Ø
Kegiatan Akhir
1.
Guru dan siswa
bersama-sama menyimpulkan cara mengurangkan bilangan bulat.
2. Siswa mengerjakan evaluasi pengurangan bilangan bulat.
3. Guru memberikan tintak lanjut pemberian tugas rumah jika tujuan
pembelajaran masih ada yang belum tercapai.
4. Membimbing siswa berdoa setelah kegiatan pembelajaran selesai.
I.
SUMBER ALAT DAN MEDIA
·
Sumber Belajar
: Mustaqim Burhan dan Ary Astuty. 2008.
Ayo belajar Matematika Untuk SD dan MI kelas IV. Jakarta: Pusbuk-Depdiknas.
Halaman 151.
·
Media : garis bilangan dan kartu warna
J.
EVALUASI
·
Bentuk tes : Tulisan
·
Jenis tes : Penilaian Individu
Bandung, 19 Maret 2013
Peserta PPG SM-3T
Ridwan Abdul Goni, S.Pd
Format penilaian performence
No
|
Nama
siswa
|
Aspek
yang di nilai
|
Skor
perolehan
|
Nilai
akhir
|
|
Keberanian
|
Ketepatan
jawaban
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Deskrifsi aspek penilaian
Aspek
yang di nilai
|
Deskrifsi
kegiatan
|
Skor
|
Keberanian
|
·
Siwa tidak
mendemonstrasikan
|
0
|
·
Siswa mendemonstrasikan
dengan di minta guru
|
1
|
|
·
Siswa mendemonstrasikan
tanpa diminta guru
|
2
|
|
|
|
|
Ketepatan jawaban
|
·
Jawaban tidak tepat dan
langkah pengerjaannya kurang tepat
|
0
|
|
·
Jawaban kurang tepat tapi
langkah-langkah pengerjaannya tepat
|
1
|
|
·
Jawaban tepat dan langkah
pengerjaannya juga tepat.
|
2
|
Keterangan
:
Nilai akhir Individu = skor perolehan x
100
Skor
ideal
0 komentar:
Posting Komentar