Sabtu, 25 Januari 2014

RPP Pengurangan Bilangan Bulat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar Negeri Hayalan
Mata Pelajaran            : Matematika
Materi pokok                            :Pengurangan bilangan bulat
Kelas / Semester                       : IV/2
Alokasi Waktu                         : 2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
B.     KOMPETENSI DASAR
5.2 Mengurangkan bilangan bulat
C.    INDIKATOR
1.      Mengurangkan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat positif.
2.      Mengurangkan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif.
3.      Mengurangkan bilangan bulat negatif dengan bilangan bulat positif.
4.      Mengurangkan bilangan negatif dengan negatif.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui media garis bilangan dan kartu warna, Siswa dapat  mengurangkan bilangan bulat positif dengan positif antara 1 sampai 100.
2.      Melalui media garis bilangan dan kartu warna, Siswa dapat  Mengurangkan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif antara 1 sampai negatif 100.
3.      Melalui media garis bilangan dan kartu warna, Siswa dapat  Mengurangkan bilangan bulat negatif antara 1 sampai negatif 100 dengan bilangan bulat positif  antara 1 sampai 100.
4.      Melalui media garis bilangan dan kartu warna, Siswa dapat  Mengurangkan bilangan bulat negatif dengan bilangan bulat negatif  antara 1 sampai negatif 100.
5.      Melalui kegiatan mendemonstrasikan cara operasi pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan media garis bilangan dan kartu warna siswa berani untuk mengerjakan soal di depan kelas.
E.     MATERI POKOK
Pengurangan bilangan bulat
Submateri
·         Definisi bilangan bulat
·         Definisi pengurangan
·         Operasi hitung  pengurangan bilangan bulat
·         Cara menyelesaikan operasi hitung pengurangan bilangan bulat
·         Soal-s0al pengurangan bilangan bulat
F.     METODE PEMBELAJARAN
·         Tanya jawab
·         Demontrasi
·         Penugasan
·         Latihan soal
·         Ekspositori
G.    KARAKTER YANG DIHARAPKAN
·         Berani
H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø  Kegiatan Awal
1.      Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
2.      Memeriksa kerapihan duduk siswa.
3.      Membimbing siswa berdoa
4.      Memeriksa kehadiran siswa
5.      Memberikan motivasi belajar kepada siswa
6.      Guru melakukan apersepsi dengan cara menanyakan siswa tentang materi penjumlahan bilangan bulat.
7.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø  Kegiatan Inti
1.      Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai cara melakukan operasi hitung pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan media garis bilangan.
2.      Siswa mendemonstrasikan cara melakukan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan media garis bilangan.
3.      Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai cara melakukan operasi hitung pengurangan dengan menggunakan media kartu warna.
4.      Siswa mendemonstrasikan cara melakukan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan media kartu warna.
5.      Guru membagikan LKS kepada siswa secara individu.
6.      Siswa mengerjakan LKS secara individu
7.      Guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan hasil pengerjaan LKS dengan menggunakan media kartu warna.
8.      Siswa yang berani mendemonstrasikan hasil pengerjaan LKSnya dan hasilnya tepat akan mendapat penghargaan lencana keberanian.
9.      Siswa mengumpulkan LKS untuk diperiksa guru.
Ø  Kegiatan Akhir
1.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan cara mengurangkan bilangan bulat.
2.      Siswa mengerjakan evaluasi pengurangan bilangan bulat.
3.      Guru memberikan tintak lanjut pemberian tugas rumah jika tujuan pembelajaran masih ada yang belum tercapai.
4.      Membimbing siswa berdoa setelah kegiatan pembelajaran selesai.
I.        SUMBER ALAT DAN MEDIA
·         Sumber  Belajar : Mustaqim Burhan dan Ary Astuty. 2008. Ayo belajar Matematika Untuk SD dan MI kelas IV. Jakarta: Pusbuk-Depdiknas. Halaman 151.
·         Media : garis bilangan dan kartu warna
J.      EVALUASI
·         Bentuk tes                        : Tulisan  
·         Jenis tes                : Penilaian Individu




Bandung, 19 Maret 2013
Peserta PPG SM-3T


Ridwan Abdul Goni, S.Pd

 






Format penilaian performence
No
Nama siswa
Aspek yang di nilai
Skor perolehan
Nilai akhir
Keberanian
Ketepatan jawaban













Deskrifsi aspek penilaian
Aspek yang di nilai
Deskrifsi kegiatan
Skor
Keberanian
·         Siwa tidak mendemonstrasikan
0
·         Siswa mendemonstrasikan dengan di minta guru
1
·         Siswa mendemonstrasikan tanpa diminta guru
2



Ketepatan jawaban
·         Jawaban tidak tepat dan langkah pengerjaannya kurang tepat
0

·         Jawaban kurang tepat tapi langkah-langkah pengerjaannya tepat
1

·         Jawaban tepat dan langkah pengerjaannya juga tepat.
2
Keterangan :
Nilai akhir Individu = skor perolehan x 100
                                          Skor ideal



0 komentar:

Posting Komentar

KLIK SAJA :)

Postingan Populer