Sabtu, 25 Januari 2014

Mahasiswa Kependidikan Harus Kuasai Kompetensi Akademik

Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia

Tak sempurna kiranya bila calon sarjana kependidikan tidak melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Atas dasar itu, Direktorat Akademik melalui divisi P2JK Universitas Pendidikan
Indonesia pada tahun ajaran 2013/2014 kembali melaksanakan PPL mulai 27 Januari 2014 hingga 31 Mei 2014, papar Direktur Direktorat Akademik UPI Dr. Agus Taufiq, M.Pd., saat memberikan keterangannya dihadapan para kepala sekolah mitra, Kamis (23/1/2014), di Gedung University Center UPI, pkl 10.00.
Dikatakan, sosialisi program PPL bagi mahasiswa UPI calon guru bidang studi oleh Direktorat Akademik UPI merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi divisi P2JK. PPL merupakan salah satu mata kuliah yang termasuk kelompok mata kuliah profesi pada program studi kependidikan.
“Peserta PPL akan dibantu oleh guru pamong dari sekolah mitra dan dosen pembimbing dari UPI. Mahasiswa S1 Kependidikan harus menguasai kompetensi akademik sebagai landasan saintifik bagi praktek profesi pendidikan, mahasiswa harus mampu mengintegrasikan pengetahuan teoritiknya dengan pengetahuan dari lapangan secara dinamis,” ujarnya.
Diterangkan Agus, PPL dilaksanakan dalam jangka waktu sekitar 3 hingga 5 bulan, oleh karena itu mahasiswa peserta PPL tidak diperkenankan mengambil mata kuliah lain selain PPL, karena dikhawatirkan akan mengganggu proses PPL tersebut. Mahasiswa calon guru nantinya akan diberikan pembekalan, orientasi/observasi pelibatan diri secara aktif, modeling/mengamati guru mengajar, mengajar dengan supervisi, membuat laporan PPL, serta penilaian dan ujian PPL sebagai wahana pemantapan kompetensi akademik.
Agus Taufik menambahkan,”untuk memenuhi standar mutu pendidikan maka, sekolah mitra disyaratkan harus terakreditasi B, serta memiliki guru bidang studi yang kompeten dengan impuls memadai, dan memiliki sarana prasarana yang mendukung. PPL dilaksanakan di sekolah mitra dengan supervisi dosen pembimbing dan sebagai wahana pembelajaran yg spesifik.
Lebih jauh diungkapkan, bahwa guru pamong diharapkan memiliki pengalaman mengajar 5 tahun serta memiliki sertifikasi. PPL diposisikan sebagai kulminasi dari proses pengenalan sekolah, selain itu untuk memantapkan penguasaan kompetensi akademik serta pengalaman awal dalam pembelajaran siswa, mahasiswa harus memenuhi ketentuan akademik dan administratif UPI terlebih dahulu.
Beban studi PPL adalah 4 sks, dan pelaksnaannya dapat dilakukan pada semestert genap/ganjil. Kegiatan intinya antara lain, Bidang Praktek Keguruan (pembelajaran di kelas), dan Bidang Praktek kependidikan yaitu, melaksanakan upacara bendera, layanan perpustakaan, piket guru, terlibat dalam ekstra kulikuler, dan bimbingan penyuluhan.
“Sementara itu dosen pembimbing PPL berfungsi sebagai wakil UPI di dalam memelihara kerjasama yang baik dengan pihak sekolah dalam penyiapan guru masa depan yang lebih bermutu dan teknis pelaksanaannya, kemudian memelihara hubungan yang baik terutama dengan pimpinan sekolah dan guru pamong. Pembimbing memastikan kesiapan mahasiswa pada awal PPL dalam berbagai aspek, fisik, mental, basic skill dan aspek teknis, lalu memonitor dan memberikan masukan terhadap penampilan mengajar mahasiswa,” terangnya.

sumber:upi

0 komentar:

Posting Komentar

KLIK SAJA :)

Postingan Populer